Jasa Kaligrafi Arab & Islam

Pastinya anda sudah mengenal apa itu kaligrafi. Beragam jenis kaligrafi dapat dengan mudakita jumpai di masjid-masjid, area rumah Muslim, perkantoran, toko, dan lainnya. Kaligrafi memang sudah menjadi desain komplementer yang seakan-akan wajib dimiliki oleh seorang muslim di sekitarnya, selain menjadi identitas, namun juga menawan secara estetika.

Pada era awal kemunculannya, tulisan kaligrafi dibuat dengan menggunakan tangan. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak sekali tulisan kaligrafi dengan menggunakan berbagai macam metode, terutama metode digital. Kaligrafi kemudian dapat di-print, menggunakan cetakan timbul, sablon, maupun menggunakan metode cetak lainnya.

Kaligrafi di buat dalam rangka melestarikan Al-Quran. Oleh sebab itu penulisannya menggunakan bahasa arab dan disebut dengan kaligrafi alquran. Dari situ maka kaligrafi lebih dikenal dengan istilah kaligrafi arab. Kaligrafi arab sendiri dikerucutkan kembali menjadi bentuk kaligrafi islam.

Contoh Nama Kaligrafi Arab:

rizqi-arabic-calligraphynaufal-arabic-calligraphynafisa-arabic-calligraphy

Meskipun demikian asal mula kata kaligrafi sendiri bukanlah dari bahasa arab, melainkan bahasa Inggris: calligraphy yang juga merupakan asal kata dari Yunani yaitu kallos dan graphia. Kallos sendiri berarti indah dan graphia berarti aksara, tulisan atau gambar. Dulu kaligrafi ini lebih condong menggambarkan seni arsitektur rohani keagamaan, sehingga lebih dikenal sebagai kaligrafi islam.

Dalam perkembangan penggunaannya, ada beberapa tulisan kaligrafi arab yang populer. Diantaranya adalah kaligrafi Allah, kaligrafi asmaul husna, kaligrafi bismillah, kaligrafi assalamualaikum, kaligrafi ayat kursi dan masih banyak lagi model yang lainnya.

Kaligrafi Allah dan Muhammad

Kaligrafi Allah dan Muhammad merupakan salah satu dari sekian banyak kaligrafi yang merupakan kaligrafi yang paling sering dijumpai. Kaligrafi tipe ini merupakan jenis kaligrafi yang umum ditemui di setiap masjid, musholla, pesantren-pesantren, maupun rumah orang muslim.

Dalam kepercayaan umat islam  ekspresi seni yang diizinkan dibuat adalah penggambaran abstrak. Islam melarang penggambaran figuratif  baik penggambaran Tuhan, Nabi, maupun makhluk bernyawa.. Adapun bentuk kaligrafi Allah dan Muhammad ini diperkenankan dengan berbagai macam bentuk seni tulisan tangan yang indah yang kemudian dapat digunakan  sebagai hiasan di berbagai tempat, misalnya dinding kamar.

Kaligrafi Assalamualaikum

Selain bentuk-bentuk kaligrafi yang telah dijabarkan di ulasan sebelumnya, terdapat pula jenis kaligrafi yang populer, yakni kaligrafi assalamualaikum. Kaligrafi ini umum ditemui di pintu masuk rumah orang muslim atau di masjid-masjid. Selain sebagai hiasan, kaligrafi tersebut juga sebagai bentuk pengingat bagi kita untuk mengucapkan salam sebelum masuk rumah ataupun masjid.

Adapun arti dari kalimat assalamualaikum adalah mendoakan kepada sesama muslim agar selalu dalam keselamatan dunia dan akhirat. Kalimat tersebut juga sebagai penanda hubungan sesama muslim agar dapat mempererat tali silaturahim yang dikenal dengan sebutan ukhuwah islamiyah. Assalamualaikum sendiri berarti “semoga rahmat dan keberkahan datang kepadamu (orang yang diberikan salam)”.

Kaligrafi Arab

Al Akfani menjelaskan bahwa kaligrafi arab memiliki sebutan dalam bahasa arab: “Khathth” yang berarti ilmu yang mengajarkan huruf tunggal disertai dengan tata cara peletakannya yang menjadi suatu susunan / rangkaian tulisan. Terdapat beberapa jenis khat, khat naskhi merupakan salah satu jenis khat yang mudah di baca dan paling sering dijumpai ketika melihat dan membaca ayat suci al-Qur’an. Selain khat naskhi ada juga khat Tsuluts yang merupakan jenis khat yang terkenal namun jarang digunakan dalam penulisan Al-Quran karena bentuknya yang dekoratif. Khat ini banyak digunakan sebagai penulisan nama dan judul. Selain itu ada juga khat diwani yang dikenal dengan huruf dan lengkungannya. Khat Diwani ini memudahkan adaptasi berbagai macam penulisan kaligrafi arab.

Kaligrafi Asmaul Husna

Asmaul husna adalah 99 nama-nama Allah yang baik. Gambar kaligrafi asmaul husna biasanya digunakan sebagai hiasan dinding dalam rumah maupun rumah ibadah dari seorang muslim. Namun, tak jarang pula kaligrafi ini dapat ditemui di area sekolah maupun perkantoran. Dengan mengetahui nama-nama Allah, diharapkan pribadi Muslim dapat lebih mengenal dan dekat kepada sifat-sifat Allah.

Kaligrafi syahadat

Syahadat merupakan sebuah kalimat yang sakral bagi umat islam. Dengan seseorang membaca syahadat hal ini berarti mengakui bahwa Allah adalah Tuhan yang satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan. Kemudian juga mengenai kenabian Nabi Muhammad SAW.  Syahadat merupakan ikrar yang diucapkan oleh setiap pribadi muslim, sehingga banyak yang terinspirasi untuk membuat kaligrafi dari kalimat ini.

Sebagai salah satu contoh yang belakangan ini menjadi polemik di pemberitaan televisi adalah pengibaran bendera syahadat yang dinilai sebagai salah satu bentuk radikalisasi dari satu organisasi Islam yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Padalah kalau kita lebih teliti lagi di dalam bendera tersebut terdapat lafadz syahadat yang menandakan bendera tersebut merupakan panji Rasulullah (SAW), bukan merupakan bendera milik HTI atau ISIS.

Kaligrafi Huruf Latin

Selain kaligrafi yang menggunakan huruf arab, terdapat pula jenis kaligrafi dengan huruf lainnya, salah satunya adalah huruf latin. Kaligrafi huruf latin digunakan untuk bahasa-bahasa yang menggunakan huruf latin dalam penulisannya, salah satunya bahasa Indonesia.  Gambar  kaligrafi huruf ini biasanya digunakan sebagai hiasan dinding rumah atau sekolah dengan maksud untuk memberikan keindahan di ruangan tersebut. Adapun pesan yang terkandung dalam kaligrafi huruf latin biasanya merupakan pesan-pesan yang baik yang dapat berkaitan dengan moral dalam kehidupan. Selain itu, kaligrafi latin juga dapat digunakan untuk menunjukkan identitas sebuah kelompok.

Kisah Pedagang Kaligrafi

Pantura Jawa Tengah mulai dari Tegal, Pekalongan hingga Kendal merupakan kota kecil yang banyak ditempati oleh para pengrajin kaligrafi Al-Qur’an. Di tempat-tempat tersebut sering ditemui kerajinan kaligrafi arab dikarenakan banyaknya area pesantren disana, yang merupakan salah satu pusat pesantren di tanah Jawa. Santri banyak ditemui di kota-kota tersebut, misalnya kota Kendal yang merupakan kota kecil yang dijuluki kota santri. Disana banyak pula berkembang kerajinan-kerajinan yang bernuansa islami, salah satunya adalah pembuatan lukisan kaligrafi.

Dilansir dari perbincangan dengan salah satu penjual kaligrafi arab, tujuan mereka selain daripada berdagang adalah untuk menyebarkan nilai-nilai islam yang termuat dalam kesenian tulisan kaligrafi arab ini. Berdagang sembari berdakwah adalah salah satu nilai yang membuat usaha ini senantiasa berjalan dari waktu ke waktu. Terkadang nilai dakwah ini bisa lebih besar bobotnya dibandingkan dari nilai ekonomi produk tulisan kaligrafi arab semata.

Kaligrafi di era kemajuan teknologi saat ini

Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat di berbagai bidang saat ini, khususnya dalam bidang seni gambar kaligrafi islam, saat ini seni kaligrafi lebih banyak yang merupakan gambar foto kaligrafi ketimbang tulisan yang dibuat secara asli atau manual dengan tangan manusia. Dengan proses pembuatan yang lebih mudah dan murah saat ini foto kaligrafi menjadi alternatif bagi rekan-rekan muslim yang ingin membuat hiasan di rumahnya.

Selain dari foto kaligrafi, editan gambar yang dibuat dalam bentuk softcopy pun dapat laris di pasaran. Kini desainer dapat membuat desain gambar kaligrafi Islam dan arab melalui berbagai macam software seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, Adobe Photoshop, maupun beragam aplikasi lainnya. Saat ini banyak orang khususnya kaum eksekutif yang mencari jasa pembuatan desain khusus untuk membuat gambar kaligrafi islam dan arab ini.  Waktu pencarian terbanyak mengenai frase gambar kaligrafi islam dan arab dapat dijumpai pada saat bulan Ramadhan tiba.

Harga Lukisan Kaligrafi untuk Hiasan Dinding di Rumah

Bicara mengenai harga desain di Indonesia memang terkadang rumit. Karena untuk menggambar suatu kaligrafi membutuhkan keahlian khusus, dan penguasaan atas aturan-aturan tertentu, umumnya kaligrafi tidak dijual dengan harga yang murah Harga jual dari sebuah produk kaligrafi bisa bervariasi tergantung dari ukuran dan modelnya. Semakin sulit model suatu desain, maka semakin banyak durasi kerja yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu desain kaligrafi yang cantik, sehingga biaya produksi yang perlu dikeluarkan akan lebih mahal dibandingkan desain biasa. Selain itu, jam terbang dari dsesainer juga perlu diperhitungkan, sehingga desain kaligrafi dapat bernilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk kaligrafi dinding rumah standar dengan ukuran panjang 1m dan lebar 5cm, kaligrafi dapat dihargai berkisar antara 350 ribu sampai dengan 1 juta rupiah. Seperti kutipan jawa, “ono rego, ono rupo” yang artinya adalah ada harga, ada juga bentuk (kualitas barang).

Mungkin terlintas suatu pertanyaan dalam diri, apakah mungkin seorang awam membuat desain kaligrafi sendiri? Tentu mungkin, selama ada minat dan usaha yang dikerahkan untuk dapat melakukannya. Beberapa tips untuk membuat kaligrafi yang baik dapat dilihat pada ulasan berikut:

Tips Membuat Kaligrafi

Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang dan memiliki ketertarikan khusus kepada seni ini, tips di bawah ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan waktu yang Anda miliki untuk menghasilkan suatu karya seni yang memiliki nilai. Berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda persiapkan:

  1. Membiasakan diri menulis huruf arab.

Bisa itu karena biasa, mungkin peribahasa tersebut sedikit banyak memberikan semangat bagi seseorang untuk menjadi ahli di bidang apapun yang ia sukai, salah satunya dengan cara latihan menulis huruf arab terus menerus hingga lancar.

  1. Memilih media tulis yang nyaman dipakai.

Media dapat merupakan ajang unjuk kreatifitas. Untuk membuat suatu karya seni, tak perlu hanya di atas kertas maupun kanvas. Dari  lap meja, hingga atap genteng dapat difungsikan untuk menunjukkan desain-desain yang cantik.

  1. Mempelajari cara penulisan huruf arab.

Selain teknis latihan, kita juga harus mempelajari cara penulisan arab. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kita dari kesalahan-kesalahan tata bahasa, dan untuk membuat karya yang tak hanya cantik secara estetika namun juga tepat dan berkelas.

  1. Biasakan untuk menggunakan seluruh tangan bukan dengan menggerakkan jari saja pada saat menulis.
  2. Menggunakan metode free hand atau tangan bebas

Untuk melatih sklill dalam membuat kaligrafi salah satunya adalah dengan menggunakan metode free hand. Metode free hand adalah dengan cara menggambar dan mewarnai secara langsung tampa memberikan tanda-tanda atau simbol terlebih dahulu. Metode ini melatih sense kita untuk menghasilkan gambar yang tepat dengan cepat, sehingga kemampuan yang lebih baik akan terbentuk seiring berjalannya waktu.

Demikian sedikit ulasan mengenai kaligrafi beserta dengan turunannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jasa Kaligrafi Arab

Newstarship menyediakan layanan desain kaligrafi Arab yang dapat menjadi bagian dari estetika dekorasi ruangan, logo, produk, maupun yang lainnya. Kami menyediakan layanan kaligrafi yang unik untukmu yang berada di Indonesia, Asia Tenggara, dan seluruh dunia. Bersama desainer dan tim Newstarship yang penuh semangat, mari ciptakan desain kaligrafi impian Anda disini.

Service: Jasa Kaligrafi Arab & Islam

Ask for a pricing

Morbi tellus purus, tempor quis molestie sed, venenatis ut nulla. Mauris ac eros sit amet ex euismod sodales non non purus. Praesent mattis, sapien eget nullam.







Our Clients

Tokopedia

Aqua

Amarta

vivo

blibli

Danamon

Bank Indonesia

Grab

DjArum

Indonesia Fashion Week

Maybelline

Super Soccer

Datsun

Crunchbase