Sertifikasi HACCP di Indonesia

Akreditasi HACCP ditujukan untuk memberi pesan kepada klien bahwa perusahaan Anda berkomitmen untuk memproduksi atau memperdagangkan produk makanan yang aman. Ketika Anda diperiksa oleh badan pengatur atau pemangku kepentingan lainnya, Anda akan terbukti telah melakukan pendekatan yang baik dan sesuai. Kepatuhan terhadap keamanan pangan, yang ditunjukkan melalui kepatuhan HACCP, dapat mengubah persepsi konsumen mengenai merek dagang Anda, menjadikannya sebagai strategi masuk pasar yang efektif, membuka pintu ke prospek komersil baru, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Sertifikasi HACCP adalah standar internasional yang mendefinisikan standar untuk manajemen keamanan pangan yang efektif di industri manufaktur dan pengolahan. Hal ini didasarkan pada tujuh prinsip dasar:

  • Telah diselidikinya bahaya yang penuh resiko biologis, kimia, atau fisik.
  • Menentukan titik kontrol yang paling penting.
  • Memilih batas kontrol terpenting, seperti penentuan suhu dan durasi memasak yang paling rendah.
  • Memastikan adanya mekanisme untuk memantau kendali Titik Kendali Kritis.
  • Langkah-langkah korektif harus dilakukan.
  • Menetapkan mekanisme verifikasi untuk memastikan bahwa sistem HACCP berfungsi dengan baik.
  • Dokumentasi dan pencatatan harus ditetapkan.

izin edaran bpom di indonesia sertifkasi logo

Pelatihan Tentang Kesadaran HACCP untuk Sebuah Perusahaan dan Pekerjanya Meliputi

Pelatihan ini mencakup Good Manufacturing Practices dari Codex Alimentarius Commission, serta membahas tahapan-tahapan pertama untuk penerapan sistem HACCP yang komprehensif pada sebuah fasilitas. Program pelatihan ini menawarkan lokakarya penulisan prosedur serta tinjauan umum audit GMP.

Jasa konsultasi dan sertifikasi HACCP diperlukan untuk memerhatikan ancaman yang dapat membahayakan keamanan dan kebersihan makanan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Hal ini dapat membantu institusi mana pun untuk menunjukkan komitmen mereka dalam penyesuaian produksi atau dalam pengadaan pangan yang aman, yang mungkin sangat menguntungkan ketika perusahaan diperiksa oleh badan pemerintah atau pihak berkepentingan lainnya.

Mereka yang terlibat dalam pembuatan, penerapan, dan administrasi sistem sertifikasi HACCP atau GMP akan memperoleh manfaat dari menghadiri sesi pelatihan ini selama proses sertifikasi. Jika Anda berniat untuk mengikuti lebih banyak pelatihan HACCP, seperti audit internal dan Pelatihan Lead Auditor, anda akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang HACCP selama pelatihan ini, yang akan menjadi dasar untuk mengembangkan kemampuan audit di kemudian hari.

Industri Mana Saja di Indonesia yang Memenuhi Syarat untuk Mendapatkan Sertifikasi HACCP, dan Mengapa?

Banyak organisasi di berbagai industri, termasuk perusahaan farmasi, perusahaan minyak dan gas, perusahaan manufaktur makanan, dan perusahaan manufaktur medis, menerapkan HACCP sebagai metode yang paling dikenal luas untuk memberikan kebanggaan pelanggan dan mengendalikan kualitas produk dan layanan mereka di sektor yang dipilih. HACCP tidak hanya memiliki potensi untuk memberikan inovasi dan bantuan dalam jaminan kualitas, tetapi juga sering dianggap sebagai jaminan konsistensi dalam penawaran produk dan layanan lintas batas, bahasa, dan hambatan budaya. Alhasil, perusahaan yang mendapatkan persetujuan HACCP dapat dianggap memuaskan baik pada tingkat reputasi maupun praktiknya.

Organisasi yang ingin mematuhi standar HACCP dapat menggunakan pedoman yang tertulis pada artikel ini untuk melihat gambaran umum dari semua tahapan produk makanan di seluruh organisasi mereka dan untuk memetakan potensi bahaya kontaminasi. Kemudian, perusahaan dapat memiliki kebijakan sendiri untuk mengambil tindakan pencegahan bahaya maupun kontaminasi.

Berikut ini Adalah Kelebihan HACCP

Meminimalisir risiko.

Pendekatan sistematis terhadap keamanan pangan melalui standar HACCP dapat mengidentifikasi potensi bahaya yang krusial, memungkinkan anda untuk mengembangkan metode pencegahan bahaya dan tahap korektif yang akan membantu anda memenuhi persyaratan peraturan.

Memiliki bukti yang dapat diandalkan bagi para pemangku kepentingan.

Adanya manajemen keamanan pangan yang formal dapat diginakan untuk menunjukkan komitmen Anda kepada kepada pemangku kepentingan dan terpenuhinya persyaratan dalam perundang-undangan.

Sistem yang Fleksibel.

Sertifikasi HACCP digunakan dan diakui di berbagai tempat maupun negara, termasuk di luar Indonesia untuk melakukan bisnis.

Sertifikasi HACCP di Indonesia

Umumnya, masyarakat Indonesia mengenal standar keamanan pangan yang diatur oleh BPOM. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengatur pangan yang beredar di Indonesia, oleh karenanya, setiap industri pangan yang mendistribusikan produknya di Indonesia harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh BPOM. Industri terdaftar yang mematuhi peraturan BPOM akan menghasilkan produk yang aman untuk dikonsumsi.

Keamanan pangan adalah masalah yang umum terdapat di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia, seperti yang diyakini banyak orang. Sehingga muncul berbagai sistem manajemen keamanan pangan internasional yang digunakan di seluruh dunia, termasuk ISO 22000, BRC Global Standard, IFS, SQF, FSSC 22000, dan salah satunya adalah HACCP.

HACCP adalah perangkat yang digunakan untuk mengidentifikasi risiko dan membangun sistem kontrol yang terutama berfokus pada pencegahan bahaya daripada sebagian besar bergantung pada pengujian hasil akhir produk. Di bawah Amerika Serikat, sistem ini telah dikembangkan selama lebih dari 40 tahun dan saat ini merupakan jantung dari sistem manajemen keamanan pangan dunia.

Di Indonesia, layanan konsultasi sertifikasi HACCP kami memberikan dukungan yang komprehensif untuk pengembangan dan penerapan sistem HACCP yang sesuai, yang merupakan standar yang diakui secara internasional untuk mencegah kontaminasi mikrobiologis, kimia, dan fisik di seluruh rantai pasokan makanan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi HACCP di Indonesia?

Untuk mendapatkan sertifikasi dari penyedia sertifikasi yang bereputasi baik, industri makanan harus menjalani inspeksi atau pemeriksaan kebijakan dan proses keamanan pangan dan HACCP, serta persyaratan lainnya. Auditor keamanan pangan yang kompeten dan bersertifikat di bidangnya diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ini.

HACCP adalah dasar untuk keamanan pangan. Proses sertifikasi terdiri dari lima langkah berikut:

  • Pemeriksaan pendahuluan.
  • Dilakukannya audit sertifikasi.
  • Proses penerbitan sertifikat.
  • Audit pengawasan yang dilakukan setiap tahun.
  • Adanya sertifikasi ulang setiap tiga tahun.

Selain penilaian di tempat dari lokasi bisnis makanan, penguji akan melakukan peninjauan dokumen dan catatan perusahaan. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi sangat bergantung pada persyaratan program sertifikasi yang anda ikuti serta ukuran fisik perusahaan makanan.

Mengapa Penting untuk Memiliki Konsultan HACCP di Indonesia?

Berbagai jenis pekerjaan akan membutuhkan beragam sertifikasi untuk beragam tujuan.

Sertifikasi melalui pihak ketiga diperlukan untuk industri makanan dan produsen makanan. Di negara-negara tertentu, memiliki sistem HACCP bersertifikat di tempat untuk industri makanan baik diperlukan atau kebutuhan hukum. Perusahaan makanan proaktif di Indonesia akan memperoleh sertifikasi HACCP untuk meningkatkan semua aspek keamanan pangan sekaligus mengurangi risiko, yang akan menghasilkan pengembangan perusahaan yang unggul dan rasional.

Kepatuhan terhadap keamanan pangan, yang ditunjukkan melalui kepatuhan HACCP, dapat mengubah merek anda dan berfungsi sebagai strategi masuk pasar yang efektif, memungkinkan anda untuk memperluas jangkauan dan memperluas peluang bisnis anda di seluruh dunia.

Spesialis sertifikasi HACCP kami yang sudah berpengalaman dapat merencanakan audit pra-HACCP dan membantu anda berfokus pada risiko yang mungkin berdampak pada keamanan pangan dan sanitasi. Karena hal tersebut, proses menjadi lebih mudah untuk secara konsisten mengidentifikasi di mana adanya bahaya pada makanan dengan menetapkan batas kontrol pada saat-saat kritis dalam proses pembuatan makanan.

Our Clients

Tokopedia

Aqua

vivo

blibli

Danamon

Bank Indonesia

Grab

DjArum

Maybelline

Datsun