Apa Itu Warehouse Management System?

Apa itu Warehouse Management System (WMS)?

Warehouse management system (WMS) adalah solusi perangkat lunak yang menawarkan visibilitas ke seluruh inventaris bisnis dan mengelola operasi pemenuhan rantai pasokan dari pusat distribusi hingga rak toko.

Solusi Warehouse Management (WMS) juga memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan pemanfaatan tenaga kerja dan ruang dan juga investasi peralatan mereka dengan mengoordinasikan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan aliran material. Secara khusus, sistem WMS dirancang untuk mendukung kebutuhan seluruh rantai pasokan global, termasuk bisnis distribusi, manufaktur, aset-intensif, dan layanan.

Akurasi, pengendalian biaya, efisiensi, kebersihan, keselamatan, dan keamanan adalah enam konsep inti manajemen gudang yang biasanya terkait dengannya; namun, proses yang mendasarinya kompleks dan dinamis, menghadirkan tantangan signifikan bagi manajer gudang lintas sektor. Distributor dipaksa untuk melakukan pertukaran sebagai akibat dari kendala sumber daya, yang menghasilkan kinerja yang kurang baik di area fungsional yang penting bagi mereka. Ketidakmampuan untuk mengikuti praktik terbaik manajemen gudang, khususnya tren warehouse management system, meningkatkan kemungkinan perusahaan anda tertinggal dalam persaingan. Sebagai akibat dari gangguan rantai pasokan di seluruh dunia yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, menjadi semakin penting untuk mematuhi praktik terbaik yang ada dan menerapkan sistem manajemen gudang.

Kami telah memasang artikel bermanfaat ini, yang penuh dengan ide-ide dari orang-orang yang bekerja dalam atau tidak asing dengan manajemen gudang. Ini dapat digunakan untuk menemukan metode baru untuk mengembangkan operasi gudang anda sendiri atau untuk memilih warehouse management system terbaik dari daftar opsi.

Warehouse management System Software Banner

#1: Berinvestasi Dalam Warehouse Management System:

Mengadopsi warehouse management (WMS) system dapat membantu anda mencapai efisiensi yang optimal. Dengan menggunakan teknologi manajemen gudang yang kuat, anda dapat menggabungkan pesanan untuk menghemat waktu perjalanan saat pengambilan, sehingga meningkatkan produktivitas dan hasil. Integrasi dengan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) anda, sistem manajemen inventaris, atau keduanya dapat membantu memastikan inventory anda tetap sinkron, meningkatkan akurasi, menurunkan biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Warehouse management system sumber terbuka salah satu contohnya adalah Odoo ERP.

Warehouse management system (WMS) dikembangkan sedemikian rupa sehingga tidak perlu untuk pekerjaan kertas yang berlebihan dan berulang serta penyimpanan dokumen atau masalah kertas yang hilang di suatu perusahaan.

Sebagai hasil dari menghilangkan kebutuhan untuk operasi berbasis kertas, warehouse management system telah menurunkan biaya operasional (karena bisnis tidak lagi harus mengeluarkan uang untuk kertas, alat tulis terkait, atau penyediaan kertas pra-cetak).

Sebelum menerapkan teknologi apa pun yang baru, tentukan kemungkinan pengembalian investasinya:

Di atas segalanya, teknologi baru akan mengurangi pengeluaran anda dari waktu ke waktu sekaligus meningkatkan peluang anda untuk menciptakan lebih banyak keuntungan. Salah satu metode yang paling efektif untuk menentukan efisiensi biaya adalah dengan memeriksa profitabilitas anda dengan segmentasi akun pelanggan.

Jika penyelidikan anda menemukan bahwa teknologi tertentu dapat membantu anda mengurangi pengeluaran yang ada terkait dengan melayani konsumen anda, mungkin menguntungkan untuk berinvestasi. Setelah biaya program diamortisasi, pengembalian investasi (ROI) anda akan tumbuh secara dramatis.

#2: Manajemen pengembalian harus otomatis:

Pengembalian adalah aspek yang tidak dapat dihindari dalam menjalankan bisnis yang sukses. Faktanya, sekitar 30% dari semua barang online dikembalikan, dan jika tidak ditangani dengan benar, mereka dapat berdampak negatif pada laba anda. Itu saja harus menjadi pembenaran yang cukup untuk menerapkan mekanisme pemrosesan pengembalian.

Sistem manajemen pengembalian dalam warehouse management system (WMS) mengumpulkan dan mengelola informasi untuk anda, mengizinkan anda mendapatkan wawasan tentang siapa yang mengembalikan apa, mengapa barang dikembalikan, dan biaya yang terkait dengan pengembalian. Pembayaran pengembalian dana juga diproses melalui mekanisme ini untuk pelanggan anda. Secara keseluruhan, informasi yang dikumpulkan membantu anda dalam mempertahankan manajemen inventaris dan memahami perilaku dan preferensi pembelian konsumen anda.

#3: Pemberitahuan tentang pengiriman yang akan datang:

Jadwal pengiriman dan penerimaan “normal” anda mungkin terganggu atau tertunda, menyebabkan inefisiensi di seluruh fasilitas anda.

Kekhawatiran ini dapat dikurangi dengan menerapkan peringatan pengiriman lanjutan elektronik, mengurangi kekurangan staf dalam perencanaan tenaga kerja, gangguan layanan transportasi, dan kehilangan waktu.

#4: Melacak pergerakan stok anda

Pemilihan stok harus didokumentasikan, dipantau, dan dioptimalkan pada setiap tahap proses. Jika prosedur tidak dapat didokumentasikan atau dianggap berlebihan, prosedur tersebut dapat dihapus atau dimodifikasi untuk meningkatkan efisiensi gudang anda.

Berbalik arah,  atau tahapan tambahan dalam proses yang tidak penting, memperlambat waktu pemrosesan pesanan anda dan menurunkan efisiensi anda. Mereka harus diperiksa dan dihapus sesegera mungkin, jika memungkinkan.

#5: Jelajahi alat pengoptimalan inventaris dalam proses anda:

Solusi pengoptimalan inventaris yang berfokus pada detail dan yang membantu UKM mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing mereka adalah pilihan ideal. Pemasar dan manajer gudang dapat menggunakan alat ini untuk memeriksa jaringan mereka masing-masing guna menentukan aturan terbaik untuk diterapkan dan segala kekurangan yang mungkin ada.

#6: Manfaatkan label secara maksimal untuk membantu inventaris:

Menerapkan pelabelan menurut standar industri dapat secara signifikan memengaruhi produktivitas, biaya tenaga kerja, tingkat pemenuhan pesanan, dan tingkat kesalahan perusahaan anda. Ini juga dapat membantu meningkatkan suasana hati staf gudang anda sekaligus mengurangi frustrasi dan kehilangan produk dalam prosesnya. Saat ini, berkat kemajuan teknologi, label dapat disesuaikan untuk memenuhi berbagai persyaratan di gudang, mulai dari yang sangat tahan lama hingga yang sensitif terhadap suhu untuk fasilitas penyimpanan dingin. Dibutuhkan investasi kecil dalam pelabelan untuk menjamin bahwa staf gudang tidak membuang waktu, menangani barang dagangan yang tepat, dan menyelesaikan pesanan tepat waktu.

#7: Hemat uang dengan memilih gudang transit anda sendiri:

Karena itu, gudang transit membantu organisasi menangani inventaris gudang dengan lebih mulus, dan membuat penyimpanan jauh lebih sederhana karena membuatnya lebih efisien. Jika anda memiliki sistem pengiriman yang rumit, pemilihan gelombang mungkin bisa menjadi pilihan. Jika anda menggunakan sistem pelacakan canggih, anda akan dapat menghemat uang dan waktu dengan menggunakan gudang transit dan pemilihan gelombang untuk keuntungan anda.

#8: Menggabungkan otomatisasi jika memungkinkan:

Pengodean batang, penandaan RFID, NFC, atau teknologi apa pun yang paling sesuai untuk campuran inventaris anda akan memastikan bahwa anda selalu memiliki jumlah dan posisi yang tepat di tangan anda. Peralatan barcode bukanlah pilihan yang sangat mahal; anda dapat hanya menggunakan ponsel untuk tujuan ini. Mengadopsi AS/RS adalah salah satu metode penerapan otomatisasi yang paling hemat biaya. Ini secara signifikan meningkatkan efisiensi kegiatan pengambilan dan pengemasan sekaligus juga menurunkan jumlah barang yang hilang atau hilang dan kesalahan pengambilan. Dengan AS/RS di tempat, anda akan dapat mengirim pesanan yang dieksekusi dengan sempurna dalam jumlah yang lebih besar.

#9: Kelola tingkat persediaan anda dengan data:

Aplikasi analisis data tidak terstruktur telah ditemukan dalam manajemen inventaris, peramalan, dan logistik transportasi, untuk menyebutkan beberapa area. Kamera digital biasanya digunakan di gudang untuk memantau tingkat stok, dan data kacau dan tidak terstruktur yang dikumpulkan dari kamera digunakan untuk menghasilkan peringatan saat penyetokan ulang diperlukan. Peramalan membawa ini selangkah lebih maju; data kamera yang sama dapat dimasukkan ke dalam algoritme pembelajaran mesin, yang kemudian dapat digunakan untuk melatih sistem manajemen stok yang cerdas guna memperkirakan kapan perlu dilakukan pengisian ulang.

#10: Manajemen inventaris harus diintegrasikan ke dalam proses rantai pasokan:

Merakit warehouse management system (WMS) yang terintegrasi ke dalam semua sistem dan prosedur rantai pasokan. Manajer rantai pasokan dapat memeriksa operasi secara real-time dan mengambil tindakan berdasarkan informasi tersebut. Namun demikian, karena keputusan manajemen gudang mungkin memerlukan tindakan sepersekian detik setiap hari, manajer gudang yang mengandalkan KPI dapat terus membuat penilaian tergesa-gesa. Akibatnya, setiap pilihan harus selalu melibatkan penilaian indikator kinerja utama (KPI) secepat mungkin untuk memastikan bahwa opsi yang benar telah diterapkan.

Apa cara terbaik untuk mengganti warehouse management system?

engan konsultasi warehouse management system kami, kami menjamin biaya awal yang murah dan layanan jangka panjang dengan sistem manajemen gudang cloud yang paling bisa diterima, dan kami dapat membantu anda menghadirkan sistem manajemen gudang baru anda secara online di lokasi fasilitas anda.

  • Dibandingkan dengan aplikasi multi-pengguna tradisional, aplikasi multi-pengguna berbasis cloud memberikan pengembalian investasi langsung yang praktis dan biaya kepemilikan keseluruhan yang jauh lebih rendah.
  • Karena cloud, anda tidak memerlukan keahlian perangkat keras, teknologi, atau keahlian informasi teknologi apa pun. Karena dirancang untuk menghubungkan semua proses logistik dari awal hingga akhir, perangkat ini dikirim siap untuk diintegrasikan dengan berbagai sistem, dan kami akan membantu anda dengan prosedur penyiapan awal.
  • Selain itu, organisasi yang menggunakan sistem manajemen Gudang internal mungkin dapat membayar berbagai adaptasi dan perubahan. Tidak ada biaya pemasangan atau peningkatan yang terkait dengan warehouse management system berbasis cloud.
  • Memasang, mengelola, dan memelihara peralatan anda semuanya ditangani oleh tim ahli kami. Teknik ini sekarang dapat diprediksi dan memberikan pengeluaran operasional yang jauh lebih realistis, memberi anda keuntungan yang telah anda masukkan ke dalam sejumlah besar modal.
  • Selain itu, kami menyediakan konektivitas tanpa batas dengan perangkat lunak tingkat Perusahaan. Jika membantu, pertimbangkan contoh berikut: di Penjualan, anda dapat dengan cepat memperbarui tingkat stok dan perkiraan jumlah sebagai tanggapan atas transaksi dan pesanan pembelian anda. Dalam hal prosedur pengadaan, anda dapat merancang dan mengoptimalkan surat penawaran harga dan transaksi yang diberikan kepada anda berdasarkan stok minimum anda.
  • Strategi berbasis cloud Odoo ERP memberikan skalabilitas yang anda inginkan untuk memperluas aktivitas rantai pasokan anda dengan cepat untuk mengikuti perubahan tren pasar dan permintaan pelanggan. Ketika peluang baru muncul, anda akan siap, dan sebagai hasilnya, anda akan dapat bereaksi dengan cepat.

Jasa & Layanan Kami

Saatnya telah tiba untuk menilai kebutuhan gudang anda sekarang setelah anda memperoleh pemahaman tentang berbagai sistem manajemen gudang yang tersedia dan praktik terbaik yang harus diikuti. Karena volume transaksi, penawaran, dan permintaan yang berbeda akan mengubah sifat sistem ERP yang diinginkan, andalah yang akan memimpin. Kami juga dapat membantu anda menemukan warehouse management system terbaik dengan layanan konsultasi. Apakah ada sesuatu yang spesifik yang anda butuhkan dari gudang anda setiap hari? Apapun kebutuhan anda, kami siap untuk mengintegrasikan sistem manajemen gudang baru anda ke dalam infrastruktur perusahaan anda.

Our Clients

Tokopedia

Aqua

vivo

blibli

Danamon

Bank Indonesia

Grab

DjArum

Maybelline

Datsun