Jasa Google Ads, Platform Pemasaran Masa Kini

google ads photo

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 90% pengguna internet di dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari utama mereka? Lalu apakah artinya? Artinya Google dapat menjadi saluran yang potensial untuk pemasaran bisnis Anda agar dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial Anda.  Di era digital seperti saat ini, mempromosikan produk anda ke seluruh dunia menjadi hal yang tidak sulit. Anda bisa menjangkau konsumen di lokasi manapun dengan bantuan internet, salah satunya dengan menggunakan mesin pencari Google.

Mengenal Google Ads

Untuk mempromosikan produk Anda, terdapat jasa iklan Google Adwords, atau yang saat ini dikenal dengan nama Google Ads, yang dapat banyak ditemukan di jagad internet. Jasa iklan Google dapat membantu agar usaha Anda dapat muncul di atas pada saat pencarian, dengan melakukan penelitian pasar dan menentukan rangkaian kata yang tepat untuk bisnismu. Ketika iklan Anda berada pada posisi teratas dari hasil pencarian Google, maka hal tersebut akan berpengaruh besar pada hoki atau untung dari usaha Anda. Secara psikologis ternyata orang hanya akan mengklik beberapa posisi teratas dari hasil pencarian pada mesin pencari Google. Alhasil, dengan berada pada posisi atas pencarian Google, akan lebih banyak konsumen yang dapat dijangkau dengan waktu yang singkat. Hal ini menjadi sangat efisien jika dibandingkan dengan iklan konvensional yang membutuhkan proses yang lama untuk benar-benar mendapatkan pelanggan yang tepat atas sebuah produk atau layanan jasa Anda.

Sebelum mulai menggunakan Google untuk mempromosikan bisnismu, ada baiknya kita selami fitur yang bernama Google Ads ini. Seperti namanya, fitur ini berafiliasi dengan mesin pencari Google yang memiliki pasar yang sudah menggurita. Bayangkan sebuah mall dimana ada banyak pengunjung berdatangan dan Anda membuka toko disana. Kemungkinan besar toko Anda akan laku lebih besar dibandingkan dengan area dimana orang-orang jarang berlalu lalang. Fungsi iklan Google sama halnya dengan mall besar tersebut yang memfasilitasi bisnis Anda dilihat oleh banyak pengunjung. Dengan bantuan jasa iklan Google Adwords, Google akan menjangkau pencari potensial yang akhirnya mendatangkan traffic atau kunjungan yang tinggi pada website Anda, yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi closing penjualan.

Mekanisme Kerja Google Ads

Bagaimana jika seseorang berminat untuk mempromosikan usahanya menggunakan Google Ads atau Google Adwords? Apakah mungkin untuk melakukannya sendiri? Apakah akan menguntungkan? Berapa biayanya?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut terlintas dalam benak Anda ketika memutuskan hendak menggunakan media ini sebagai alat promosi. Mari kita bahas satu persatu.

Untuk bisa membuat iklan Anda muncul pada pencarian Google, Anda harus membuat iklan dengan rangkaian kata kunci yang tepat agar bisa muncul ketika seseorang melakukan pencarian. Misalnya, Anda berjualan sepatu Nike, dan toko Anda berlokasi di Bandung. Kemungkinan Anda perlu menggunakan kata “Sepatu Nike Bandung” atau “Sepatu Nike Original Bandung” atau “Sepatu Nike Murah” dalam rangkaian iklan Anda. Anda bisa dengan acak atau perkiraan menggunakan kata kunci yang anda mau, tapi harus diperhatikan bahwa penggunaan kata kunci ini adalah aspek yang krusial, karena jika dibuat asal maka iklan Anda tidak dapat muncul pada pencarian, dan segala usaha Anda untuk mempromosikannya akan sia-sia. Untuk itulah umumnya pelaku bisnis dapat menggunakan jasa iklan Google Adwords untuk membantu mereka menemukan rangkaian kata yang tepat dan membuat iklan mereka berada di posisi atas. Ketika iklan Adwords Anda sudah muncul, dan seseorang meng-“klik” iklan Anda, Google akan mengenakan biaya per klik pada Anda. Dari sinilah Google mendapatkan keuntungan pemasangan iklan.

Proses yang tampak sederhana ini akan memberikan keuntungan yang luar biasa di kemudian hari jika dilakukan dengan tepat. Bahkan dapat memenangkan persaingan dengan kompetitor yang mungkin masih menggunakan metode konvensional. Bagaimana tidak, ketika iklan Adwords telah dipasang, misalnya menggunakan jasa iklan Google Adwords, iklan akan terus muncul pada setiap halaman pencarian. Baik di halaman pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Karena kemunculannya yang menghantui ini, mungkin seseorang yang belum tertarik pada awalnya atau masih mencari pertimbangan dari lainnya, pada akhirnya akan membuka iklan, dan boleh jadi akan sekadar bertanya via telepon atau bahkan bisa sampai memvalidasi usaha Anda dengan langsung mendatangi lokasi usaha.

Jika seseorang yang mengunjungi iklan tidak langsung menghubungi, Anda tak perlu berkecil hati. Karena kebiasaan orang dalam mencari suatu informasi adalah dengan menelaah informasi beberapa kali. Umumnya, hal tersebut dilakukan tidak instan hanya dalam satu kali pencarian saja. Bisa jadi orang mengumpulkan atau menyimpan informasi dan melakukan pembelian dalam waktu 3 bulan ke depan, tergantung prioritasnya. Beberapa suka mencatat nama-nama calon supplier, namun ada pula yang memilih hanya dari browsing internet sekali saja. Setidaknya, pengunjung Google ads Anda berpeluang untuk dapat membuat koneksi kembali dengan usaha yang Anda tekuni.

Pemasangan Iklan Online

Dari ulasan yang telah dipaparkan, dapat dipahami bahwa Google ads merupakan salah satu raksasa yang menyediakan media pemasaran secara digital/online. Salah sau keunggulan lain ketika Anda memasang iklan pada media online adalah mudahnya pengaturan budget dan waktu pemasangan iklan. Anda bisa mengatur waktu yang paling tepat untuk pemasangan dengan jasa Adwords / jasa iklan Adwords sesuai dengan kondisi perusahaan Anda, hal yang serupa juga didapatkan pada pemasangan iklan digital lainnya seperti ketika menggunakan jasa iklan facebook, jasa iklan instagram, ataupun  jasa sosial media marketing lainnya. Pemasangan akan lebih efektif jika Anda sudah memiliki data dari hasil iklan sebelumnya, atau yang dikenal dengan istilah data testing. Selanjutnya Anda bisa melihat tren yang efektif mengenai waktu pemasangan iklan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir biaya iklan. Misalnya, iklan sebuah produk cukup ditampilkan pada siang hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore, jika Anda sudah mengetahui mengenai tren orang yang melihat iklan tersebut banyak pada siang hari, maka buat apa Anda beriklan pada malam hari? Memang ada saja yang melihatnya tapi tingkat efektivitas dari iklan Anda pada malam hari pastinya tidak sebaik iklan yang muncul pada siang hari. Akan tetapi jika Anda yang tidak mau pusing memikirkan hal ini, namun tetap ingin iklan Adwords yang efektif, maka memilih jasa Adwords  murah dan tepat sasaran dapat menjadi alternatif terbaik.

Pengelolaan Pemasaran Online

Dalam ilmu marketing dasar dikenal adanya istilah AIDA yang berarti awareness, interest, desire, dan action. Aplikasinya pada pemasaran online adalah untuk memberikan pemahaman mengenai tujuan pemasaran produk Anda. Tahap awal adalah untuk membuat khalayak perhatian pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini merupakan fase awareness. Dalam fase ini, iklan yang cocok adalah dengan memanfaatkan jasa sosial media marketing pada platform sosial media yang sering digunakan, misalnya dengan jasa facebook ads / jasa iklan facebook maupun jasa sosial media lainnya. Jasa pasang iklan facebook dapat menjadi efektif dalam membangun positioning sebuah brand karena banyaknya pengguna yang dapat melihat iklan Anda. Selain itu, banyaknya layanan jasa iklan facebook murah yang dapat ditemui juga menjadi pertimbangan yang memikat untuk melangsungkan iklan pada media tersebut.

Selain facebook, media lain seperti instagram, twitter, sampai dengan ecommerce sudah menyediakan masing-masing tempat untuk melakukan pemasaran. Jika Anda tertarik untuk mempromosikan produk di beragam platform saat ini telah terdapat social media agency yang mengatur pengelolaan jasa social media. Dengan memanfaatkan jasa sosial media marketing tersebut, Anda dapat duduk manis dan berfokus pada hal-hal yang lebih mendesak dalam bisnis Anda.

Jika produk Anda sudah sampai pada tahap awareness, yaitu ketika seseorang sudah mengetahui mengenai produk Anda, selanjutnya adalah membuat orang tertarik. Fase ini disebut fase interest atau menciptakan ketertarikan orang pada sebuah produk. Ketika sudah memiliki ketertarikan, maka akan tercipta engagement atau keterlibatan orang dalam membicarakan suatu topik. Jika brand yang Anda pasarkan sudah banyak engagement-nya, maka hal ini menandakan bahwa terdapat sinyal positif pada respon pasar. Kemudian, Anda dapat memasuki fase yang ketiga.

Pada fase ketiga mengenai desire atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai hasrat, maksudnya adalah hasrat orang untuk membeli produk Anda. Jika pemasaran Anda sudah sampai pada fase ini, berarti Anda telah berhasil menjaring beberapa konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda pasarkan, meski mungkin tidak langsung pada saat pemasaran.

Fase terakhir adalah fase ke empat yaitu action. Maksud dari action adalah calon pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam bahasa pemasaran dikenal dengan istilah closing penjualan. Jika sudah sampai ke tahap ini, maka dapat dikatakan bahwa Anda telah sukses dalam pemasaran.

Teori singkat yang dipaparkan di atas dapat dijadikan acuan dalam penerapan pemasaran di lapangan. Jika Anda berminat untuk membangun awareness pada publik untuk pengenalan jangka panjang, kebutuhan Anda dapat dieksekusi dengan bantuan jasa sosial media marketing. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk pembelian instan berdasarkan kebutuhan on demand (diperlukan pada saat dicari) maka menggunakan jasa Google Adwords dapat merupakan pilihan yang bijak.

Service: Jasa Google Ads, Platform Pemasaran Masa Kini

Ask for a pricing

Morbi tellus purus, tempor quis molestie sed, venenatis ut nulla. Mauris ac eros sit amet ex euismod sodales non non purus. Praesent mattis, sapien eget nullam.