Jasa Ilustrasi Karikatur, StoryBoard dan Komik

Di era digital yang sarat akan cepatnya pertukaran informasi dan teknologi ini, berbagai macam jenis bidang industri berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu di bidang industri kreatif. Dikutip dari Kementrian Perdagangan Indonesia, industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Dengan kata lain, industri kreatif adalah kegiatan ekonomi yang berfokus pada kreasi dan inovasi dari pemilik usaha. Jenis usaha dan jasa yang ditawarkan dalam industri kreatif ini sangat beragam dan memiliki keunikannya masing-masing, dimana seluruh pelaku usaha saling berlomba untuk menciptakan produk yang menarik dan dapat memikat hati calon konsumen untuk dapat membeli hasil karyanya. Diantara banyaknya usaha unik yang termasuk dalam industri kreatif, jasa membuat ilustrasi seperti jasa karikatur dan storyboard muncul sebagai salah satu usaha yang memiliki potensi tinggi dan cukup diminati namun kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat luas. Meskipun pendapatan jenis usaha ini meningkat setiap tahunnya, peningkatan tersebut masih cenderung kurang pesat dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Oleh karena itu, pengenalan mengenai jasa ilustrasi karikatur maupun storyboard ini perlu dilakukan lebih baik lagi agar peminat pembeli semakin bertambah. Adapun berikut adalah beberapa informasi yang didapatkan seputar jasa karikatur dan storyboard.

Jasa karikatur

Pengertian dan sejarah singkat karikatur

Karikatur memiliki arti potret wajah yang diberi muatan lebih dan berkesan distortif atau deformatif, dimana dalam membuat ilustrasi suatu objek konkret menjadi sebuah karikatur, ciri khas objek tersebut akan dilebih-lebihkan sehingga menimbulkan kesan humoris atau lucu bagi orang yang melihatnya. Meskipun dilebih-lebihkan, karikatur yang diciptakan juga harus menjadi representasi atau mirip dengan wajah aslinya sehingga orang yang melihat dapat langsung mengidentifikasi wajah dalam karikatur tersebut dan memahami maknanya. Adapun kata karikatur berasal dari bahasa Italia “caricare” yang artinya adalah memberi muatan atau tambahan lebih.

Karikatur mulai muncul di dunia pada sekitar abad ke-16, berawal di Negara Italia. Memasuki abad ke-18, masyarakat luas telah mengenal karikatur melalui media cetak dan menjadikannya sebagai sarana dalam memberikan kritik sosial dan politis, dimana banyak figur tokoh masyarakat yang dijadikan sebagai objek dalam menggambar karikatur untuk mengekspresikan fenomena kehidupan yang terjadi dan sindiran terhadap tokoh tersebut.

Karikatur di era digital

Di era digital ini, karikatur tidak hanya dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan kritik sosial dan sindiran terhadap suatu tokoh, tetapi juga dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya. Untuk tujuan bisnis, karikatur mulai banyak digunakan sebagai media promosi dengan mencantumkan karikatur yang bersangkutan dengan usaha bisnis tersebut ke dalam iklan perusahaan, cenderamata perusahaan, dan lain sebagainya. Untuk tujuan personal, karikatur digunakan sebagai sebuah bentuk kenang-kenangan atau hadiah yang unik dan memiliki makna tersendiri bagi penerimanya. Jika sebelumnya kebanyakan subjek yang dijadikan karikatur merupakan tokoh penting atau terkenal dan dibuat oleh seniman karikatur tertentu, kini siapa saja termasuk anda dapat menjadi subjek untuk dibuat menjadi karikatur dengan menggunakan jasa karikatur yang mulai banyak bermunculan beberapa tahun kebelakang ini. Gambar karikatur yang dihasilkan tentunya bervariasi tergantung pada keahlian dan ciri khas penyedia jasa karikatur, dimana anda juga dapat meminta secara spesifik mengenai bentuk karikatur yang diinginkan sesuai maksud dan tujuan membuat karikatur tersebut. Banyak konsumen yang menggunakan jasa karikatur kartun, dimana karikatur yang dihasilkan lucu dan tidak terlalu dilebih-lebihkan seperti karikatur konvensional yang sarat akan sindiran dan memiliki maksud kritik tertentu.

Proses pembuatan karikatur

Tidak sembarang orang dapat membuat karikatur, diperlukan keahlian khusus terutama dalam menggambar untuk menghasilkan karikatur yang akurat, indah dilihat, dan mudah dimengerti. Pada umunya, proses pembuatan karikatur tersusun atas lima langkah utama, yakni: 1) menentukan tujuan pembuatan karikatur, 2) membuat draft dan layout, 3) menentukan ciri khas atau catch point dari orang yang dijadikan objek, 4) mulai menggambar, dan 5) menyelesaikan atau menyempurnakan karikatur.

Saat ini, pembuatan karikatur sendiri dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara manual dan secara digital. Pada pembuatan karikatur manual, karikaturis (orang yang membuat karikatur) secara langsung menggambar karyanya pada media kertas atau kanvas menggunakan peralatan gambar manual seperti pensil, crayon, pensil warna, cat minyak, dan sebagainya. Selain media kertas atau kanvas, terdapat juga karikaturis yang menawarkan jasanya untuk menggambar di media lain yang tidak kalah menarik, unik, dan memiliki nilai fungsional seperti pada media gelas, kaos, atau bahkan makanan seperti kue atau makanan manis lainnya. Tentunya alat menggambar yang digunakan untuk menggambar karikatur juga disesuaikan dengan media yang dipilih. Pembuatan karikatur manual ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, kelebihan mendesain secara manual diantaranya yaitu:

  • Sentuhan yang dihasilkan lebih manusiawi
  • Media yang digunakan tidak terbatas sesuai dengan kemampuan dan keahlian karikaturis dalam memanfaatkan media yang dipilih
  • Karikatur yang dibuat lebih unik dan bersifat khas sejalan dengan kepribadian, sifat, dan emosional
  • Lebih cepat menumpahkan gagasan melalui gambar
  • Dapat menghasilkan gambar natural atau alami yang lebih baik lagi

Adapun kekurangan dari pembuatan karikatur secara manual diantaranya yaitu:

  • Harga pembuatan karikatur relatif lebih mahal
  • Waktu pembuatan karikatur relatif lebih lama
  • Karikaturis harus lebih teliti dan berhati-hati dalam pembuatan karikatur karena sulit untuk melakukan perbaikan apabila terjadi kesalahan saat bekerja
  • Tidak mudah untuk diciptakan ulang / diduplikasi apabila ingin membuat lagi karikatur yang serupa

Biasanya, jasa karikatur kartun banyak yang menggunakan metode pembuatan karikatur secara manual ini dikarenakan hasil yang diberikan lebih natural dan memiliki ciri khas tersendiri.

Pada pembuatan karikatur digital, karikatur digambar dengan menggunakan bantuan komputer dan perangkat pendukung digital lainnya seperti pen tablet. Teknik yang digunakan dalam mendesain karikatur digital ada beberapa macam, berikut adalah teknik yang umum dipakai oleh para penyedia jasa karikatur :

  • Menggabungkan teknik manual dan digital. Dalam teknik ini, sketsa karikatur digambar hitam putih dengan menggunakan pensil di atas kertas. Selanjutnya hasil gambar dipindai (scan) dan diwarnai secara digital menggunakan software seperti Adobe Photoshop.
  • Menggunakan software grafis seperti Corel Draw dan Adobe FreeHand. Karikatur digambar dari awal sampai akhir dalam bentuk vektor, hasil akhir yang didapatkan disebut karikatur vektor.
  • Mengkombinasikan software Corel Draw atau Adobe FreeHand dengan Adobe Photoshop. Sketsa awal karikatur dibuat sebagai vektor menggunakan Corel Draw, kemudian hasilnya diwarnai dan dilengkapi menggunakan Adobe Photoshop.
  • Menggunakan software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, dan Karikatur digambar dari awal hingga akhir menggunakan tools yang terdapat dalam aplikasi tersebut, dan hasil akhirnya akan mirip dengan menggunakan teknik manual karena brush yang dapat digunakan sangat beragam.

Seperti pada pembuatan karikatur manual, karikatur digital juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa kelebihan karikatur digital yakni :

  • Waktu pengerjaan karikatur relatif lebih cepat
  • Biaya pembuatan desain karikatur relatif lebih murah dan kompetitif
  • Mudah diduplikasi jika dibutuhkan dalam jumlah yang banyak dan ingin dicetak ulang
  • Mudah melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan dalam pengerjaan
  • Tidak terlalu membutuhkan keterampilan sketsa tangan

Adapun kekurangan dari pembuatan karikatur secara digital :

  • Keaslian dari karikatur dapat diragukan karena sangat mudah untuk diduplikasi
  • Dalam gambar karikatur yang dihasilkan, garis lebih kaku dan kurang manusiawi / alami
  • Membutuhkan keahlian untuk mengoperasikan software desain grafis yang digunakan
  • Sangat tergantung kepada perangkat teknologi, sehingga sulit melakukan pekerjaan apabila komputer atau alat yang dibutuhkan tidak tersedia.

Jasa karikatur & foto online pada umumnya banyak yang menggunakan teknik pembuatan karikatur secara digital ini.

Biaya Pembuatan Karikatur

Tarif yang dikenakan oleh para penyedia jasa karikatur & foto online bermacam-macam, tergantung kepada tingkat kesulitan karikatur, jumlah wajah yang digambar, dan juga keahlian karikaturis. Semakin berpengalaman dan ahli seorang karikaturis, maka jasa yang ditawarkan pun semakin mahal. Akan tetapi, apabila anda menginginkan karikatur dengan harga ekonomis dan berkualitas, anda tidak perlu khawatir karena banyak juga penyedia jasa karikatur murah yang menghasilkan karikatur yang menarik dan memiliki kualitas yang baik. Untuk dapat memilih jasa karikatur murah yang baik tersebut, hendaknya anda melihat terlebih dahulu portofolio atau contoh hasil karikatur-karikatur yang telah dibuat sebelumnya sebagai referensi.

Jasa Storyboard & Komik (Comic)

Pengertian dan sejarah storyboard & Komik (Comic)

Storyboard (papan cerita) adalah suatu ilustrasi atau gambar sketsa terorganisir yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menghasilkan bayangan visual bagaimana aksi dari sebuah cerita dalam film, animasi, atau media interaktif berlangsung.

Secara umum, fungsi storyboard / komik adalah sebagai berikut :

  • Memberikan gambaran / garis besar mengenai jalan cerita dari awal, tengah, hingga akhir
  • Memudahkan klien atau orang lain memahami alur dan isi dari cerita yang ingin disampaikan oleh produsen
  • Sebagai media atau sarana perencanaan pembuatan video pendek maupun film panjang
  • Memudahkan pembuat cerita untuk merubah alur cerita dengan mengganti urutan storyboard agar karya yang dihasilkan bisa menjadi lebih menarik untuk ditonton
  • Memandu para aktor, sutradara, dan kru bekerja sama secara maksimal dan terarah sesuai dengan storyboard yang telah disepakati bersama
  • Memudahkan kameramen dalam melakukan pengambilan gambar dengan sudut-sudut tertentu sesuai dengan ilustrasi yang ada dalam storyboard

Proses pembuatan storyboard sendiri dikembangkan oleh Walt Disney Productions pada awal tahun 1930-an, yang selanjutnya diikuti oleh Walt Disney dan studio animasi lainnya. Mulai tahun 1940-an, penggunaan storyboard juga dilakukan oleh pembuat film live-action dan menjadi salah satu bagian penting dalam proses pemikiran / diskusi kreatif.

Saat ini, storyboard yang umum digunakan adalah digital storyboard. Terdapat beberapa hal yang menjadi bagian dalam digital storyboard, yakni : visualisasi, sketsa gambar, dan audio. Digital storyboard ini digambar pada tablet grafis dengan menggunakan bantuan program seperti Photoshop dan Toon Boom Storyboard. Ketika sketsa gambar, sampel suara, dan musik latar tersedia seluruhnya, maka gambar dalam storyboard dapat dijadikan sebagai animasi sederhana berupa gambar storyboard yang bergerak yang disebut sebagai digital animatic.

Jasa Pembuatan Storyboard dan Komik

Storyboard dapat dimafaatkan dalam berbagai macam bidang, diantaranya yaitu di bidang:

  • Film

Storyboard dalam bidang perfilman disebut sebagai shooting board. Shooting board ini merupakan sekumpulan gambar yang berisi kejadian dalam film untuk mempermudah bagian produksi film dalam merencanakan dan mengantisipasi kebutuhan suatu film serta memberikan gambaran visual mengenai ide cerita untuk klien / sponsor

  • Teater

Storyboard di bidang teater digunakan sebagai alat khusus untuk memahami perencanaan mengenai tata letak setiap adegan cerita

  • Animasi

Animation storyboard digunakan untuk membayangkan bagaimana suatu ide cerita tertuang secara visual ke dalam gambar. Adanya animation storyboard ini sangat memudahkan animator bekerja secara efisien, karena dengan adanya acuan storyboard proses pengerjaan ilustrasi gambar lebih terarah dan terhindar dari menggambar ilustrasi yang tidak dibutuhkan di dalam jalan cerita.

  • Komik dan Novel

Storyboard digunakan juga sebagai sketsa kasar dalam pembuatan komik sebelum membuat ilustrasi komik yang sebenarnya. Biasanya storyboard ini diberikan kepada editor oleh komikus untuk berdiskusi terlebih dahulu mengenai jalan cerita yang disetujui oleh kedua belah pihak. Setelah storyboard disetujui, maka komikus dapat membuat ilustrasi komik dari acuan tersebut.

  • Bisnis periklanan

Sebelum membuat video iklan, biasanya produsen pembuat iklan menyerahkan storyboard kepada klien untuk memberikan gambaran cerita iklan yang akan dibuat. Setelah storyboard disetujui maka proses syuting pembuatan iklan dapat dilakukan.

Dengan melihat banyaknya bidang yang dapat diliputi oleh pembuat storyboard, potensi usaha jasa ini tinggi sekali, mengingat kebutuhan akan animasi dan video pun meningkat semakin pesat di era digital yang penuh dengan pertukaran informasi dan komunikasi secara visual.

Demikian merupakan sejumlah informasi mengenai jasa ilustrasi terutama jasa karikatur dan jasa pembuatan storyboard. Semoga dengan memahami informasi ini anda dapat lebih tertarik untuk menggunakan kedua jasa tersebut atau bahkan berkecimpung menjadi pelaku usaha jasa ilustrasi yang memiliki potensi tinggi dan cukup banyak diminati di era digital ini.

Service: Jasa Ilustrasi Karikatur, StoryBoard dan Komik

Ask for a pricing

Morbi tellus purus, tempor quis molestie sed, venenatis ut nulla. Mauris ac eros sit amet ex euismod sodales non non purus. Praesent mattis, sapien eget nullam.