ISO 27001: Manfaat, Persyaratan dan Proses Sertifikasi | Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mulai menerbitkan standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) ISO 27001: Teknologi informasi – Teknik keamanan – Sistem manajemen keamanan informasi – Persyaratan dimulai sejak tahun 2005.

ISO 27001 merupakan suatu manajemen keamanan informasi sekumpulan proses yang diimplementasikan oleh perusahaan dalam mengelola teknik pemilihan serta penerapan langkah-langkah keamanan informasi. Meskipun terdapat kemungkinan adanya langkah-langkah keamanan cerdas yang perlu diterapkan bagi setiap orang, contohnya seperti perlindungan malware, ataupun manajemen patch, tetap saja tidak semua perangkat lunak dan sistem yang kami gunakan sama.

Langkah awal untuk mengetahui apa yang sebaiknya Anda lakukan, Anda perlu memikirkan tentang pendekatan yang terkontrol dan juga sistematis untuk keamanan informasi: sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

Daftar Isi

Sertifikasi ISO 27001 banner

1. Apa itu Standar ISO 27001?

Standar ISO 27001 merupakan salah satu standar yang bertujuan dalam menggambarkam sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini mencakup banyak aspek sistem manajemen keamanan informasi, misalnya. manajemen risiko, audit, tata kelola, keamanan siber, dan sebagainya.

Penerapan ISO 27001 meliputi perencanaan produksi untuk pabrik besar yang merupakan data penting tentang kapasitas mesin, stok material, dan pesanan pelanggan, dan lain-lain dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat digambarkan pada awal tahun 1900-an, sebagian besar orang masih bekerja menggunakan otot (membajak sawah, menanam padi), saat ini sebagian besar orang yang bekerja di sektor formal tidak menggunakan komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Dengan kata lain, saat ini “informasi adalah aset organisasi”. Ancaman informasi menjadi suatu keuntungan karena dapat meningatkan hubungan antarmanusia melalui berbagai macam perangkat. Ancaman bisa datang dari tidak disengaja (email yang salah, sidik jari tertinggal yang berisi informasi rahasia pada printer bersama, dll) atau disengaja (pihak yang berniat mencuri informasi).

Masalahnya adalah, saat kita semakin terhubung satu sama lain, kebocoran informasi di satu tempat dapat langsung menyebar ke seluruh dunia. Sehingga risiko terhadap informasi terkini menjadi begitu tinggi. Sementara itu, ada berapa banyak informasi yang kami proses dan simpan hingga saat ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, “pendekatan manajemen” telah menjadi “langkah ampuh” dalam mengelola berbagai aspek mulai dari revolusi industri hingga saat ini. Sejak ratusan tahun lalu, dengan improvisasi teknologi, “pendekatan manajemen” dapat mengelola ratusan ribu pekerja di sebuah pabrik sehingga dihasilkan produk yang berkualitas. Pendekatan inilah yang membentuk dasar Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001.

2. Apa Tujuan Dari ISO 27001?

Tujuan ISO 27001 tidak lain adalah perlindungan informasi. Mengapa informasi sangat penting untuk dilindungi? Karena saat ini adalah era informasi, dimana hampir semua aktivitas di dunia dikendalikan melalui pengolahan dan pertukaran informasi. Sebanyak 99,9% pembayaran untuk transaksi besar dilakukan melalui pemrosesan informasi atau dicuri oleh perusahaan atau orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Apa Manfaat Sertifikasi ISO 27001?

Melindungi informasi perusahaan Anda memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan manajemen dan kelancaran operasi perusahaan Anda. Pencapaian ISO 27001 akan mendukung perusahaan Anda dalam mengelola dan melindungi aset data dan informasi Anda yang berharga.

Memperoleh sertifikasi ISO 27001 dapat membawa banyak keuntungan bagi organisasi Anda, diantarnya adalah:

  • Membantu menjaga informasi rahasia tetap aman.
  • Meyakinkan klien dan pemangku kepentingan tentang bagaimana Anda mengelola risiko.
  • Memungkinkan pertukaran informasi yang aman.
  • Membantu Anda untuk mematuhi persyaratan hukum.
  • Membantu memberi Anda keunggulan kompetitif.
  • Mempromosikan kepuasan pelanggan yang meningkatkan retensi klien.
  • Membantu menjaga konsistensi dalam pengiriman produk atau layanan Anda.
  • Membantu mengelola dan meminimalkan paparan risiko.
  • Membantu membangun budaya keamanan.

4. Apa Saja Persyaratan untuk Mengikuti Sertifikasi ISO 27001?

Untuk apa sertifikasi ISO 27001? Sertifikasi ISO merupakan hal yang sangat penting dibutuhkan perusahaan saat ini. Tujuannya adalah untuk melindungi dan memelihara informasi data perusahaan. Saat ini, proses pertukaran informasi telah dilakukan di dunia maya. Nah, tentunya informasi perusahaan harus dijaga agar tidak dibobol atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sertifikasi ISO harus melalui tahapan sebagai berikut:

Analisis Kesenjangan

Tujuan dari kegiatan ini adalah kita ingin mengetahui sejauh mana perusahaan telah mengimplementasikan apa yang sudah dan apa yang belum, sehingga dari situ kita bisa mengetahui apa gap yang ada dan dimana sehingga strategi improvement dapat dilakukan dengan tepat.

Tugas beresiko

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui risiko apa saja yang dapat mengancam aset terkait pengolahan informasi dan menentukan bagaimana mitigasi yang paling efektif dapat dilakukan untuk melindungi aset tersebut.

Persiapan Dokumen

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mitigasi risiko dapat didokumentasikan sehingga dapat dilaksanakan secara konsisten.

Penerapan

Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan dokumen yang sebelumnya telah dibuat dengan cara yang dapat mengatasi semua kesenjangan yang diidentifikasi pada tahap awal.

Audit internal

Tahap ini bertujuan agar dapat dilakukannya penilaian internal sehingga kita dapat melihat kemajuan dari implementasi yang telah dilakukan. Dari situ, kita dapat menentukan perbaikan-perbaikan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Persiapan Audit Sertifikasi

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan segala aspek penting dalam proses sertifikasi audit.

Audit Sertifikasi

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji penerapan sistem manajemen komunikasi. Yaitu, dari sisi efektifitasnya maupun kesesuaian terhadap persyaratan ISO 27001.

5. Bagaimana Proses untuk Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001?

Perusahaan awalnya mengadopsi persyaratan standar ISO 27001 dan menetapkan dokumentasi tentang bagaimana standar ini dipraktikkan, dipantau, dan terus ditingkatkan. Setelah persyaratan standar diterapkan, Anda dapat meneruskan aplikasi Anda untuk mengesahkan perusahaan Anda.

Untuk mensertifikasi perusahaan dengan standar ISO, akan ada dua tahap audit.

  1. Tahap 1 Audit: Kesiapan Audit (Verifikasi catatan, dokumen, dll.)
  2. Tahap 2 Audit: Verifikasi sistem yang efektif

Perusahaan yang mengajukan sertifikasi ISO harus diaudit berdasarkan sampel acak dari lokasi, layanan, fungsi, produk & proses mereka. Akhirnya, auditor kami mencatat penyimpangan kepada manajemen. Menurut tingkat penyimpangannya, dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Dengan menerapkan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikompilasi, Anda  dapat mencapai banyak manfaat dalam hubungan antarmanusia setelah menutup ketidaksesuaian/ketidaksesuaian secara efektif. Sertifikat telah diterbitkan yang membatasi ruang lingkup yang akan diaudit.

6.     Apa yang Dapat Kami Tawarkan Kepada Anda untuk Mendaftarkan ISO 27001?

Layanan sertifikat ISO 27001 (ISMS) di Singapura, Malaysia, dan Indonesia oleh Mandreel menyediakan pendekatan sertifikasi yang membantu Anda memahami ISO 27001 (standar SMKI). Anda tidak ingin data perusahaan Anda menjadi rentan atau ditargetkan untuk diserang. Serupa dengan sistem manajemen lainnya, sertifikasi ISO 27001 (ISMS) juga didasarkan pada pendekatan Plan-Do-Check-Act untuk perbaikan berkelanjutan.

Sertifikat ISO 27001 oleh Mandreel menawarkan sikap metodologis dan terorganisir dengan baik yang akan melindungi kerahasiaan data Anda, memperkuat integritas data bisnis dan mengintensifkan ketersediaan bisnis Anda. Sertifikasi ISO 27001 di Singapura, Malaysia, dan Indonesia oleh Mandreel memastikan bahwa proses perusahaan Anda memenuhi persyaratan standar internasional.

Our Clients

Tokopedia

Aqua

vivo

blibli

Danamon

Bank Indonesia

Grab

DjArum

Maybelline

Datsun