KITAS: Definisi, Tipe, Persyaratan & Prosedur Aplikasi

KITAS adalah surat keterangan domisili yang seringkali dibutuhkan oleh otoritas dan instansi administratif untuk mengidentifikasi warga negara, khususnya warga negara asing yang memilih untuk tinggal di wilayah pemerintahan Republik Indonesia. KITAS sangat penting bagi orang asing yang bekerja atau ingin tinggal di Indonesia maupun perusahaan yang akan mengirim orang asing. Hal itu untuk memastikan individu-individu tersebut dapat melakukan kegiatan mereka secara sah dan tidak dirugikan secara hukum.

Apa Itu KITAS?

KITAS atau Kartu Izin Tinggal Terbatas adalah izin yang diberikan kepada warga negara asing yang akan tinggal di Indonesia untuk jangka waktu tertentu. KITAS merupakan Izin Tinggal Terbatas, yang didefinisikan sebagai “izin yang diberikan kepada orang asing yang tinggal dan berada di wilayah Indonesia untuk waktu yang terbatas”

Pemohon merupakan warga negara asing dan harus memiliki pekerjaan di Indonesia serta disponsori oleh perusahaan tempat mereka bekerja agar memenuhi persyaratan mendapatkan KITAS.

KITAS diberikan kepada orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan Visa Tinggal Terbatas; anak yang ayah dan/atau ibunya pemegang KITAS pada saat lahir di wilayah Indonesia; orang asing yang diberikan alih status dari Izin Tinggal Kunjungan; nahkoda, awak kapal, atau tenaga ahli asing diatas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Pejabat Imigrasi merupakan pihak yang menentukan apakah individu-individu tersebut harus mendapatkan KITAS serta apakah KITAS tersebut harus diperpanjang atau dibatalkan.

Berdasarkan Pasal 75 RMLHR 29/2021, KITAS memiliki beberapa masa berlaku yang berbeda, sehingga pemegang kartu tidak perlu memperbarui visa setiap bulan. Masa berlaku tersebut adalah: maksimal 5 tahun, 2 tahun, 1 tahun, 180 hari, atau 90 hari.

kitas application indonesiaBerikut adalah Kategori-Kategori KITAS yang Tersedia Bagi Orang Asing

KITAS Investor

Anda dapat mengajukan KITAS Investor apabila Anda berniat untuk berinvestasi dan mendirikan bisnis di Indonesia. Pemegang KITAS Investor tidak memerlukan perusahaan sponsor untuk dapat bekerja di Indonesia serta tidak perlu mengajukan izin kerja.

Setelah bisnis Anda berbadan hukum, Anda dapat mengajukan permohonan KITAS Investor. Visa ini berlaku untuk 2 tahun, tetapi dapat diperpanjang hingga 5 tahun. Setelah perpanjangan 5 tahun, Anda dapat mengajukan permohonan tinggal permanen atau KITAP apabila Anda memenuhi persyaratannya.

Visa Izin Kerja untuk Pegawai Asing

KITAS jenis ini hanya dapat diperoleh apabila pemohon bekerja untuk perusahaan yang terdaftar di Indonesia. Peluang sponsorship tersedia untuk pekerja internasional melalui PT PMDN, PT PMA, dan Kantor Perwakilan. Perlu diketahui bahwa warga negara asing tidak dapat diperkerjakan untuk semua jenis pekerjaan yang tersedia.

Perusahaan sponsor Anda harus terlebih dahulu mengajukan permohonan IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) atau izin untuk memperkerjakan pegawai asing dari Kementerian Tenaga Kerja agar Anda memenuhi syarat untuk mengajukan KITAS Izin Kerja. Perusahaan sponsor bertanggungjawab secara hukum terhadap pemohon tersebut. KITAS Izin Kerja biasanya berlaku untuk 1 tahun dan dapat diperpanjang hingga maksimal 5 tahun. Berbeda dengan KITAS Investor, KITAS Izin Kerja tidak dapat diubah menjadi KITAP atau izin tinggal permanen lainnya.

Visa Lansia untuk Pensiunan Asing

KITAS untuk pensiunan tidak tersedia bagi mereka yang memiliki bisnis atau mendirikan perusahaan mereka sendiri. Untuk KITAS jenis ini, persyaratan usia minimum adalah 55 tahun dan Undang-Undang menetapkan bahwa pemohon harus warga negara dari salah satu 53 negara yang terdaftar.

Visa KITAS Dependen

Apabila Anda adalah pemegang KITAS, KITAS Dependen memungkinkan Anda untuk mengajak pasangan Anda dan anak-anak dibawah 17 tahun untuk datang dan tinggal di Indonesia. Apabila Anda adalah pemegang KITAS, Anda berhak mengikuti program ini. Pemilik KITAS Dependen dilarang terlibat dalam pekerjaan yang menguntungkan atau menjalankan perusahaan saat berada di Indonesia, meskipun mereka diperbolehkan untuk tinggal disana. Masa berlaku KITAS jenis ini sama dengan pemegang KITAS utama dan dapat diperpanjang untuk total 5 tahun apabila diperlukan.

Visa KITAS Pasangan

Apabila Anda menikah dengan warga negara Indonesia, Anda mungkin memenuhi syarat mendapatkan KITAS Pasangan yang memungkinkan Anda untuk menetap di Indonesia selama pernikahan Anda masih berlaku. Seperti KITAS Dependen, Anda tidak diizinkan untuk bekerja atau menjalankan perusahaan ketika berada di Indonesia dengan visa ini, tetapi setelah 4 tahun Anda dapat mengajukan permohonan untuk izin tinggal permanen atau KITAP.

Prosedur Pengajuan Visa KITAS

Kementerian Tenaga Kerja akan memberikan izin kepada perusahaan sponsor Anda untuk melanjutkan RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing) setelah meninjau dan menyetujui proposal tersebut.

  • Prosedur mendapatkan persetujuan Pra-RPTKA dan Izin Pra-Kerja harus diselesaikan oleh perusahaan sponsor Anda dan perusahaan juga harus diberitahu berapa lama Anda diizinkan untuk tinggal dan bekerja di Indonesia.
  • Anda dapat bekerja secara legal di Indonesia setelah mendapat izin dari RPTKA
  • VITAS Anda akan diterbitkan oleh kantor imigrasi di Indonesia setelah mereka menerima izin kerja Anda
  • Saat masuk ke Indonesia, VITAS Anda akan segera diubah menjadi KITAS/ITAS dan salinan dokumen baru akan dikirimkan ke alamat yang Anda berikan saat mendaftar

Setelah semua persyaratan tersebut diatas terpenuhi, permohonan Izin Tinggal Terbatas akan diproses oleh Kepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi melalui mekanisme sebagai berikut:

  • Pemeriksaan kelengkapan persyaratan
  • Entri data, pemindaian file, dan pencetakan tanda terima permohonan
  • Membayar biaya yang diperlukan
  • Mendapat persetujuan dari Kantor Imigrasi
  • Wawancara, identifikasi dan verifikasi data serta pengumpulan data biometrik seperti foto dan sidik jari
  • Izin Masuk kembali atau KITAS

Setelah KITAS diterbitkan, Anda memiliki waktu 14 hari untuk menyelesaikan prosedur berikut:

  • Mendapatkan semua dokumen yang dibutuhkan sebelum pindah ke Indonesia
  • Hadir di Departemen Administrasi Sipil
  • Mendapatkan sertifikasi sipil yang diperlukan

Mengubah KITAS menjadi ITAS: VITAS akan segera diubah menjadi KITAS/ITAS pada saat kedatangan pekerja asing di Indonesia.

Apa Itu Visa KITAP?

KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap adalah jenis lain izin tinggal bagi orang asing selain KITAS. KITAP adalah izin tinggal yang diberikan kepada orang asing untuk tinggal dan menetap di wilayah Indonesia seperti penduduk Indonesia.

Pihak yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan KITAP adalah:

Berdasarkan Pasal 126 RMLHR 29/2021, berikut ini adalah pihak yang berhak menerima KITAP melalui proses alih status:

Orang asing pemegang KITAS sebagai rohaniwan, pekerja, investor, atau lansia; keluarga akibat perkawinan campuran; suami, istri, dan/atau anak orang asing pemegang KITAP; dan orang asing yang dulunya warga negara Indonesia atau anak dengan kewarganegaraan ganda Republik Indonesia.

Selain itu, KITAP juga dapat diberikan tanpa perlu alih status kepada individu atau organisasi sebagai berikut:

  • Anak yang lahir di Indonesia dari orang tua asing pemegang KITAP
  • Anak yang lahir di Indonesia dari orang tua asing yang tidak memiliki KITAP
  • Warga Negara Indonesia yang kehilangan kewarganegaraan Indonesia-nya di wilayah Indonesia berhak mendapatkan kewarganegaraan asing.

Validitas:

KITAP berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, kecuali bagi warga negara asing berikut: suami, istri, ayah, atau ibu warga negara asing yang memiliki KITAP; anak yang lahir di Indonesia dari orang tua asing yang memiliki KITAP.

Prosedur pengajuan KITAP diatur pada Pasal 195 RMLHR 29/2021, yang menyatakan bahwa permohonan pengubahan status dari KITAS menjadi KITAP harus diajukan secara khusus oleh pemohon. Permohonan harus diajukan dengan mengisi formulir data pendaftaran dan melampirkan dokumen-dokumen berikut:

  • Dokumen bukti domisili dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • KITAS
  • Surat jaminan dari penjamin
  • Kartu identitas penjamin
  • KITAS atau KITAP apabila penjamin atau orang yang bertanggungjawab adalah warga negara asing
  • Pernyataan Integrasi, dengan pengecualian anak yang berusia dibawah 18 tahun dan belum menikah
  • Surat Kuasa bermaterai, apabila permohonan diajukan melalui ketua kantor
  • Paspor yang masih berlaku yang berisi Izin Tinggal Tetap

Pemohon yang memiliki KITAS harus telah tinggal di Indonesia selama lebih dari 3 tahun berturut-turut agar memenuhi syarat untuk mendapatkan KITAP. Selain itu, pemohon yang terkait dengan perkawinan campuran harus sudah menikah setidaknya selama 2 tahun agar memenuhi syarat untuk mendapatkan KITAP.

Orang asing yang menikah secara sah dengan warga negara Indonesia berhak mengubah KITAS/ITAS menjadi KITAP setelah 2 tahun menikah dengan warga negara Indonesia. Pasangan Anda akan bertindak sebagai sponsor untuk permohonan tersebut.

  • Anda tidak dapat mengajukan permohonan visa permanen apabila Anda belum memperoleh KITAS atau ITAS. Menikah saja tidak membuat Anda memenuhi persyaratan untuk tinggal di Indonesia secara permanen.
  • Apabila Anda telah menikah minimal 10 tahun, KITAP Anda akan tetap berlaku terlepas dari apakah pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian atau tidak.
  • Apabila Anda menikah dengan orang Indonesia, Anda memiliki hak untuk bekerja di Indonesia selama Anda memenuhi persyaratan untuk KITAP yang disponsori oleh pasangan Anda. Itu adalah keuntungan lain dari menikah dengan orang Indonesia.

Investor Orang Asing dan Eksekutif yang Bekerja di Perusahaan Indonesia

Kandidat yang disebutkan diatas memenuhi syarat untuk mengajukan KITAP setelah mereka bekerja di perusahaan Indonesia yang sama selama 4 tahun berturut-turut dan di posisi yang sama. Persyaratan tersebut harus dipenuhi sebelum mereka mengajukan permohonan KITAP.

Pensiunan

Pensiunan memenuhi syarat untuk mengajukan KITAP apabila mereka telah mencapai usia 55 tahun setelah mereka memperpanjang KITAS atau ITAS sebanyak empat kali.

Keuntungan Mendapatkan Visa KITAP

Manfaat memiliki visa KITAP yaitu Anda dapat tinggal di Indonesia tanpa perlu memperpanjang visa yang harganya mahal dan prosesnya memerlukan waktu lama; selain itu, KITAP juga memiliki banyak keuntungan lainnya, seperti:

KTP Indonesia dengan masa berlaku 5 tahun, Surat Izin Mengemudi (SIM) lokal dengan masa berlaku 5 tahun, rekening bank, kartu kredit, pinjaman, harga wisatawan lokal ke tempat wisata sehingga Anda hanya membayar sebagian kecil dari yang dibayar wisatawan asing, MERP (Multi Exit Re Permit) dengan validitas 2 tahun yang memungkinkan Anda untuk masuk dan keluar Indonesia sesuka Anda.

Bagaimana Saya bisa mendapatkan Izin Tinggal KITAS dan KITAP? Kerja sama dengan Mandreel untuk hal itu:

Pada kebanyakan kasus, prosedur pengajuan hingga selesai akan memakan waktu sekitar 3 bulan.

Anda dapat menyelesaikan prosesnya dengan cara yang efisien, bebas masalah, dan bijaksana dengan bantuan agen Mandreel yang khusus dalam pengajuan visa KITAS – KITAP.

Kami tahu bahwa pengajuan visa adalah proses yang membingungkan, terdapat persyaratan yang kurang, ketidakpahaman terkait persyaratannya, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah kekecewaan tersebut, kami menyarankan Anda untuk menyisihkan waktu guna mempelajari persyaratan dan dokumen penting yang dibutuhkan sebelum mengajukan permohonan. Pastikan juga untuk memverifikasi ulang persyaratan terbaru dengan agen Anda atau melalui Kantor Imigrasi di wilayah Anda, karena persyaratan dapat berubah.

Our Clients

Tokopedia

Aqua

vivo

blibli

Danamon

Bank Indonesia

Grab

DjArum

Maybelline

Datsun